23 February 2014

Holly What - The Ender's Game

Lama ngereview film-film indie terus lama-lama gue bosen juga nih. Sekali sekali ngereview film Hollywood? Oke! No problemo. Dalam post yang bertajuk "Holly-What" ini gue akan mereview film-film Hollywood. Dan untuk post pertama gue dalam segmen ini gue akan ngebahas Ender's Game. Let's get started!

Film Details 
Title : Ender's Game (2013)
Director : Gavin Hood
Writer : Gavin Hood
Genre : Action, Adventure
Starring : Asa Butterfield, Harrison Ford, Abigail Breslin, Ben Kinsley
IMDB : 
rottentomatoes : 61% / 70% Audience Liked it



Premise :
Bersetting di masa depan, dimana bumi di-invasi oleh alien, ras bumi membentuk sebuah satuan untuk meladeni peperangan yang terjadi di bumi. Anak-anak dan remaja adalah orang-orang yang diharapkan menjadi tentara-tentara dalam berbagai divisi dalam peperangan melawan alien.

Film yang berdasarkan sebuah novel dengan judul sama ini, sebenarnya menawarkan sebuah premise yang berpotensi menjadi saga sebesar Hunger Games atau Twilight yang memiliki fanbase kuat. Namun gue sebagai orang yang belum baca novelnya, sedikit kecewa ketika gue menontonnya.

Gue yang sebelumnya sama sekali buta akan cerita, menyangka akan ada banyak adegan action keren yang dilakukan oleh Asa Butterfield dalam film ini. Tapi sayang sekali, itu tidak terjadi. Yang kita lihat di hampir 3/4 film adalah Asa Butterfield melayang-layang di ruang angkasa dan membuat gue hampir saja tertidur di pertengahan film.

Jujur menurut gue, film ini gagal dalam menciptakan skala grand scale yang biasa kita lihat di film-film blockbuster dengan efek cgi keren macem Hunger Games, atau The Avengers.

Sebenarnya 20 menit awal film ini gue masih cukup excited dan terbawa. Dari mulai Ender yang dikeluarkan sekolahnya, sampai akhirnya berakhir di camp luar angkasa. Tapi lama kelamaan, konsentrasi gue mulai buyar dan lama kelamaan gue mulai bosan.

Apalagi scene waktu Ender dan kawan-kawannya terus menerus berlatih di ruang hampa, dan melayang-layang sambil menembakkan laser. Awal-awalnya menurut gue itu cukup keren. Tapi lama kelamaan gue mulai bertanya, mana adegan ledakan dan action-nya? Melihat mereka semua bermain paintball di luar angkasa membuat gue muak.

Cerita yang  kurang kuat menurut gue adalah biang keladi dari semuanya. Dan membuat akting bintang-bintang muda dalam film ini seakan terkubur di dalamnya. CGI yang cukup baik pun gagal mengangkat film ini, walaupun gue tau pasti yang pernah baca bukunya cukup puas, karena biar bagaimanapun, film ini sebenarnya tidak jelek. 

Hanya kurang faktor "A" yang biasanya ditampilkan dan diharapkan dalam film bergenre serupa. Faktor "Aksi". Yap, mungkin ekspektasi gue yang terlalu tinggi sewaktu melihat trailer benar benar membuat gue kecewa pada akhirnya. 

Ekspektasi studio yang tadinya ingin mewujudkan saga keren juga rasanya gagal total, dan itu terbukti dari pendapatan film ini yang juga tidak terlalu sukses. Jujur gue kurang suka saga Hunger Games dan film-film genre serupa, tapi kalau diberikan pilihan antra film ini dan Hunger games. Gue rasanya masih cenderung ke Hunger Games.

Some Achievements 
- Key Art Awards 2013- Winner for Best Display
- Critic's Choice Award 2013- Best young actor (Nominated)
And some more

Trivia :
- Penulis novel Ender's Game Orson Scott Card, mengatakan bahwa ceritanya sebenarnya mustahil dan sulit untuk diadaptasi ke film.
- Pengembangan dan perjalanan cerita ini untuk dijadikan film sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak tahun 2000.
-Us Marine Corps merekomendasikan novel Ender's Game sebagai buku yang baik untuk melatih leadership.

Selected Quotes :
Ender Wiggin: In the moment when I truly understand my enemy, understand him well enough to defeat him, then in that very moment I also love him.

Bean : The enemy's gate is down

Mazer Rackham : There is no teacher but the enemy. Only he will tell you where you are weak, where you are strong.

Best moment in my opinion : Finaly we can watch some action and exploding alien troops during the last 30 - 20 menits in film.
Person of Interest : Asa Butterfield (although the film is dissapointed, but he still managed to shine in the film)
Kritikus jinak rating : 6.2/10
Conclusion : Not all of the film based on novel's turned out to be great.

words by Di Ario





No comments:

Post a Comment