23 February 2014

Oldschool - Predator

Yo movie goers! Sekarang di Kritikus Jinak ada rubik baru yakni "Oldschool" yang bakal ngebahas film-film jadul. Hari ini saya mau bahas sebuah film lawas tahun 1987 berjudul "Predator". Dari posternya kalian pasti sudah tahu dong siapa tokoh utamanya. Lantas seperti apakah film "Predator" ini, apakah baik atau buruk? Mari kita lihat reviewnya.

Film Details :
Title : Predator (1987)
Director : John McTiernan
Writers :  Jim Thomas & John Thomas
Genre : Action/Sci-Fi
Starring : Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Elpidia Carrillo
IMDB : 7.9
Rotten Tomatoes : 78% Certified Fresh / 87% Audience Liked It





Premise:
Sekelompok tim tentara elit yang dipimpin oleh Mayor Alan "Dutch" Schaefer (Arnold Schwarzenegger) mendapatkan misi di sebuah hutan di Amerika Selatan. Tanpa mereka sadari sesosok misterius sedang mengintai mereka di sana.


Ulasan :
"Predator" merupakan film yang saya rekomendasikan buat kalian yang lagi butuh film action sci-fi dengan plot ringan/santai. Kekuatan utama film ini bukan terletak pada plot tapi pada actionnya. Menurut saya film ini lumayan lah buat pelepas stress di tengah penatnya ibukota Jakarta.


Selama 107 menit kita akan disuguhkan adegan tembakan, ledakan, kematian, tembakan, kematian. Terus terang plot yang dimiliki film "Predator" bagi saya belum memuaskan dan datar. Saya merasa "Predator" merupakan versi upgrade dari film "Commando" yang juga dibintangi Arnold Schwarzenegger. Ketika saya melihat para pemain di film ini, saya sudah bisa menebak siapa yang bakal selamat dari si Predator dan bagaimana endingnya.

Akting para pemain pun tidak ada yang terlihat spesial, tapi saya memberikan apresiasi buat orang yang memakai kostum Predator. Berarti akting mereka jelek? Ga juga. Untuk special effect di film ini, saya bisa katakan pada zaman itu sudah termasuk bagus. Terutama pada effect saat si Predator berkamuflase.


Menurut saya faktor film ini menarik karena konsep & desain Predatornya yang keren. Bahkan di film ini saya lebih tertarik untuk melihat aksi si Predator membunuh para jagoan, ketimbang melihat Arnold Schwarzenegger. Harus diakui peran Arnold Schwarzenegger di film ini lebih seperti bumbu pemanis.

Awards :
-15th Saturn Awards (1987) - Best Music
-Golden Reel Award 1988 - Best Sound Editing, Sound Effects, & Foley in a Feature Film

Trivia :
-Ide film "Predator" berawal dari sebuah candaan. Beberapa bulan setelah film "Rocky IV" diluncurkan, di Hollywood muncul sebuah candaan kalau Rocky Balboa harus melawan alien jika seri kelima film "Rocky" dibuat. Penulis skenario Jim & John Thomas kemudian menanggapi serius candaan tersebut & menulis skenario "Predator".
-Shane Black yang berperan sebagai Rick Hawkins, merupakan penulis skenario dan sutradara film "Iron Man 3".

Quotes :
Dutch : "If it bleeds, we can kill it."


Poncho : "Billy, you know somethin'. What is it?"
Billy : "I'm scared, Poncho."
Poncho : "Bullshit, You ain't afraid of no man."
Billy : "There's something out there waiting for us... and it ain't no man. We're all gonna die."


Best Moment In My Opinion : Setiap adegan yang ada si Predator.
Person Of Interest : Predator
Kritikus Jinak Rating : 7.1/10
Conclusion : Beware of the Predator! 

words by Rasduneji

No comments:

Post a Comment