17 February 2014

Indie Alert - Short Term 12

Whazzup movie goers! First of all, welcome to this new blog, who will discuss and critize lots of movies. Nah, di segmen  ini, yang judulnya "Indie Alert" gue akan membahas film-film berkualitas yang jarang diketahui orang. Tanpa panjang lebar lagi, ayo kita mulai!

Film Details
Title : Short Term 12 (2013)
Director : Destin Cretton
Writer :  Destin Cretton
Genre : Drama
Starring : Brie Larson, Frantz Turner, John Gallagher Jr
IMDB : 8.1/10
Rottentomatoes :  99% (certified fresh) / 93% Audience Liked It



Premise :
Seorang gadis muda berusia kira-kira 20 tahunan yang bekerja di sebuah "residental treatment facility" , (tempat dimana anak-anak muda yang bermasalah dalam kesehatan mental direhabilitasi) berjuang untuk melakukan pekerjaannya bersama pacarnya yang juga adalah rekanan kerjanya meski dihantui masa lalunya yang ternyata tidak jauh berbeda dengan anak-anak didiknya.


Ulasan :
Jujur menurut gue, film ini adalah salah satu film indie yang ceritanya kuat banget. Dari awal, kita disuguhkan oleh Grace (Brie Larson) yang bekerja di sebuah pusat rehabilitasi anak-anak, bersama dengan rekan kerjanya, ia harus bergulat dengan anak-anak yang semakin hari tingkah lakunya semakin aneh saja.


Lama kelamaan, konflik mulai terlihat ketika ada seorang anak baru yang masuk tempat ini. Anak baru ini, terus menerus membuat masalah dan sangat tidak menaati aturan hingga akhirnya ia memutuskan untuk kabur dan lari dari tempat itu. Di sanalah satu persatu masalah mulai terkuak, mulai dari masalah pribadi Grace hingga alasannya sangat terikat dengan anak baru yang kabur tersebut.





Jujur dari awal waktu gue nonton film ini, satu-satunya aktris yang gue kenal cuman Brie Larson. FYI : Dia sebelumnya main di film 21 Jump Street. Dari awal ekspektasi gue engga terlalu tinggi dan engga berharap banyak dari film ini.


Tapi seiring dengan berjalannya waktu, lama kelamaan kita diajak oleh sang sutradara yang sekaligus menjadi penulis "Destin Cretton" untuk terhisap masuk dalam kompkleksitas masalah yang dibawa oleh karakter Grace hingga akhirnya kita mengerti akan sikap janggalnya yang mulai terlihat di pertengahan film.




Film yang mengangkat cerita "tak biasa" ini menurut gue adalah salah satu film yang sangat layak untuk ditonton dan dinikmati.  Menurut gue ini juga salah satu film yang cukup bisa  mengangkat karir aktris muda Brie Larson ke level yang lebih tinggi.


Some Achievement :
-Athens International Film Festival 2013 - Best Film (Audience Award)
-Austin Film Critics Assosiation 2013 - Best Actress (Brie Larson)
-Ghent International Film Festival 2013 - Best Film (Audience Award)
 And many more..

Trivia :
-Sebelum film ini, sang sutradara Destin Cretton sudah terlebih dahulu membuat film pendek berjudul "Short Term 2" pada 2008 lalu.
-Feature Film kedua Destin Cretton sebagai sutradara setelah "I am Not A Hipster" pada 2012

Selected Quotes :
Grace : I like your name, Jayden.
Jayden : It's a boy's name.
Grace : Really? I don't think so.
Jayden : Will Smith did.

Jack : Grace, you are a line staff. It's not your job to interpret tears. That's what our trained therapists are here for.
Grace : Then your trained therapists don't know shit.

Sammy : Can we play Big and Small?
Grace : Is that a real game, or is that a game you just made up?
Sammy : It's a real game that I just made up.




Best momment in my opinion : When Jayden told Grace a story about the shark & the octopus.
Person of Interest : Brie Larson and the director/writer Destin Cretton  should get the applause from the audience.
Kritikus Jinak Rating : 8.2/10
Conclusion :  Defninitely great!

words by Di Ario

No comments:

Post a Comment