17 February 2014

Indie Alert - Christal Fairy And The Magical Cactus

Whazzup movie goers! Balik lagi ke Indie Alert, tempat dimana elo bisa nemuin film-film berkualitas yang bahkan elo engga pernah denger sebelumnya. Di edisi ini, kita akan ngebahas sebuah road trip film yang cukup bagus dari  salah satu aktor muda komedi favorit gue "Michael Cera". Yup. Michael Cera is here guys, so let the post begin!

Film Details :
Title : Christal Fairy & The Magical Cactus (2013)
Director : Sebastian Silva
Writer : Sebastian Silva
Genre : Road Trip Drama Comedy
Starring : Michael Cera, Gaby Hoffmann, Juan Andres Silva
IMDB : 5.9/10
rottentomatoes : 81% (certified fresh) / 52% Audience Liked It


Premise :
Perjalanan Jamie (Michael Cera) di Chile bersama seorang temannya  ketika ia secara tidak sengaja mengajak seorang gadis yang menyebut dirinya sendiri "Chrystal Fairy" untuk ikut dan dalam perjalanannya. Mulanya ia memaklumi kelakuan Chrystal Fairy yang aneh, namun lama kelamaan Jamie mulai merasa semakin tidak nyaman hingga akhirnya ia sendiri menyesal telah mengajak Chrystal Fairy bersamanya.

Ulasan :
Film dimulai pada sebuah pesta dimana Jamie yang telah mabuk, bertemu dengan seorang gadis Amerika bernama Chrystal Fairy, dan seiring dengan obrolan mereka berjalan, akhirnya Jamie memutuskan untuk mengajaknya pergi bersama untuk road trip yang akan ia jalani keesokan harinya.


Keesokan harinya, Jamie lupa ia telah mengajak Chrystal Fairy ikut dalam perjalanannya, bahkan ia hampir saja meninggalkan gadis itu dan tidak menepati janjinya. Jika bukan karena bujukan temannya, Chrystal Fairy bisa saja tak ambil bagian dalam perjalanan itu. Barulah dari situ, perjalanan mereka dimulai hingga akhirnya menjadi salah satu perjalanan yang tak terlupakan dan sekaligus menjengkelkan.





Mungkin buat pecinta film indie sebelumnya sudah akrab dengan genre-genre film seperti ini. Salah satu contoh film yang sukses mengusung tema serupa adalah Little Miss Sunshine, yang menjelma menjadi salah satu film indie terbaik dan cukup menghibur bagi semua kalangan.

Jujur, kalau dibandingkan dengan Little Miss Sunshine, gue masih berpendapat kalo film ini masih kurang, dan membuat gue lebih memilih Miss Sunshine. Tapi kabar baiknya, film ini juga cukup menghibur dan dipenuhi dengan banyak intrik dan kejadian kocak nan absurd seperti yang biasa kita dapat pada genre film serupa.



Dan menurut gue penampilan Gaby Hoffmann yang cukup berani dalam film ini juga patut mendapat pujian, walaupun memang karakter yang dimainkan dirinya sedikit annoying dan terkesan menyebalkan, tapi tetap saja itu berhasil mengibur gue, meski dengan cara yang agak aneh dan unik.

Overall sih gue cukup suka dengan film ini, dan jujur membuat gue bertanya-tanya "Emang seenak apa sih kaktusnya?" Gue yakin, elo sendiri akan bisa menjawab pertanyaan itu setelah elo nonton film ini.

Some Achievement  :
-Sundance Film Festival 2013 - (won)Directing Award, and also nominated in Grand Jury Prize
-Independent Spirit Award 2014 - Nominated for Best Lead Actress, and also nominated in John Cassavetes Award

Trivia :
- Ceritanya terinspirasi dari pengalaman sang Sutradara
- Banyak dialog yang di-improvisasi sesaat sebelum take
- Michael Cera tinggal beberapa bulan bersama keluarga Silva, untuk mempersiapkan perannya

Selected Quotes :
Jamie :(talk to other guys as he rush to pack his lugage) Okay guys, Hairy fairy is getting ready..




Best momment in my opinion : When Jamie is frustated and finaly decided to stole and cut off the cactus.
Person Of Interest : Both the cactus itself and Michael Cera
Kritikus Jinak Rating : 6.3/10
Conclusion : Let's have a Cactus tea, bitches! Booya!!!

words by : Di Ario




No comments:

Post a Comment