02 March 2014

B Movie - About Time

Ada yang tau film Love Actually dan Notting Hill? Kalo elo suka sama dua film itu, berarti gue punya film yang sangat tepat buat elo!

Film yang gue bahas kali ini adalah film yang cukup bagus, walaupun sebenernya engga menawarkan sesuatu yang baru sih. Tapi walau begitu, film ini juga sangat menghibur dan menawarkan cerit yang menarik. Seperti apa ceritanya? Let's get started!

Film Details :
Title : About Time (2013)
Director : Richard Curtis
Writer : Richard Curtis
Genre : Drama , Romance
Starring : Rachel Mc Adams,Domhnall Gleeson,Bill Nighy
IMDB : 7.8/10
rottentomatoes : 69% / 82% Audienced Liked It

Premise:
Pada umurnya yang menginjak usia 21 tahun, Tim diberi tahu oleh ayahnya jika semua anak laki-laki dalam keluarganya bisa melakukan time travel. Setelah mengetahui rahasia besar itu, ternyata Tim benar-benar memanfaatkannya dengan baik hingga ia bisa bertemu dengan soulmatenya Rachel Mc Adams.

Ulasan: 
Film ini tidak hanya menawarkan kisah cinta tapi juga mencoba membuat kita mengerti akan konsep "waktu" dan ingin menyampaikan pesan akan pentingnya kita untuk menikmati waktu yang kita punya di dunia ini.

Tapi jujur gue kurang terpikat pada film ini, karena walaupun ceritnya lumayan, tapi terkesan terlalu terburu-buru memulai, dan kurang bisa membagi fokus dengan baik. 

Film dibuka dengan Tim yang terjebak di sebuah pesta tahun baru, dan menyesal karena gagal mencium sahabatnya, ketika countdown. Tak beberapa lama kemudian, hanya sejurus setelah scene itu, tiba-tiba Bill Nighy memberi tahu Tim bahwa dia bisa melakukan time travel. Tentu saja, kali ini Tim mencoba-nya dan memilih untuk memperbaiki momen tahun barunya itu. 

Menurut gue itu agak terburu-buru. Kurang dari 20menit film berjalan, karakter Bill Nighy sudah memberi tahu rahasia besar itu.  Gue yang belum ter-attach dengan cerita sepenuhnya, jujur agak sulit untuk menelan semua penjelasan rumit itu di awal film. Seakan kita masuk ke restoran Prancis, dan sembari kita melihat menu, waiter tiba-tiba langsung mengeluarkan Main Course, yang bahkan kita engga bisa sebut namanya apa.

Menurut gue sih, kita seakan menonton filmnya dari tengah, kita hanya diberikan cerita yang samar-samar tentang kehidupan Tim sebelum pesta tahun baru itu. Jujur 10 menit awal, gue sama sekali engga ada gambaran tentang background personality tentang karakter Tim.

Lalu ketika masuk pertengahan cerita, kita diajak untuk mulai masuk ke hidup percintaan Tim. Dari mulai cinta pertamanya dengan Margot Robbie, sampai akhirnya bertemu Rachel Mc Adams. Sayang sekali karakter Margot Robbie seakan dilupakan dan hilang ditelan bumi di sisa film.

Meski sempat muncul di pertengahan(yang akhirnya membuat Tim yakin untuk menikah dengan Rachel), tapi akhirnya sama sekali tidak meninggalkan kesan yang berarti, padahal itu bisa dimanfaatkan untuk membuat konflik percintaan Tim menjadi lebih rumit.

Lalu masuk ke pertengahan cerita, kita yang semula terfokus pada hidup percintaan Tim seakan di-distract fokus-nya dengan hubungannya dengan ayahnya yang keintimannya baru ditunjukkan di akhir-akhir film. Akhirnya, film ini seakan bimbang. Walau akting aktor-aktornya cukup bagus dan lumayan, tapi sayang cerita yang agak ngacak membuat gue agak kurang "into the story". But In the end, this film still give us a little lesson about time.

Trivia : 
- Rachel Mc Adams sudah sangat familiar dengan konsep perjalanan waktu, bahkan ini adalah film ketiganya yang menyangkut time travel setelah Midnight In Paris dan Time Traveller's Wife.
- Film terakhir Richard Griffiths
- Tadinya Zooey Deschanel diplot untuk memerankan Mary, tapi setelah bentrok dengan schedule, akhirnya Rachel Mc Adams di cast.

Selected Quotes : 
Tim: There's a song by Baz Luhrmann called Sunscreen. He says worrying about the future is as effective as trying to solve an algebra equation by chewing bubble gum. The real troubles in your life will always be things that never crossed your worried mind.

Dad: I'd only give one piece of advice to anyone marrying. We're all quite similar in the end. We all get old and tell the same tales too many times. But try and marry someone kind. And this is a kind man with a good heart.

Best Momment in my opinion : When Mary take off her shirt's as she ask Tim a questions.
Person Of Interest  : Tim & Mary & Dad
Kritikus Jinak Rating : 7.0/10
Conclusion : I wish i could be Tim for a day. 

words by Di Ario

No comments:

Post a Comment