28 February 2014

Indie Alert - Trollhunter (Trolljegeren)

Yo movie goers, saya ada rekomendasi film dari Norwegia berjudul Trollhunter. Trollhunter? Yup, Trollhunter merupakan sebuah film dark fantasy yang dibuat dalam bentuk "found footage" mockumentary. Mirip-mirip The Blair Witch Project dan Cloverfield.

Meskipun judulnya Trollhunter, bukan berarti ini film komedi yang berisi mengenai lelucon 9gag. Troll di sini adalah makluk raksasa dalam mitologi Norwegia. Saya tahu film ini pas lagi iseng-iseng search di internet. Semenarik apakah film dari Norwegia ini? Let's find out!

Film Detail
Title : Trollhunter [Trolljegeren] (2010)
Director : André Øvredal
Writer : André Øvredal
Genre : Dark Fantasy
Starring : Otto Jespersen, Glenn Erland Tosterud, Johanna Mørck 
IMDB : 7.0/10
Rotten Tomatoes : 82% Certified Fresh / 72% Audience Liked It



Premise
Sekelompok pelajar sedang membuat film untuk menginvestigasi suatu kejadian aneh di mana banyak beruang tewas diburu tanpa diketahui siapa pemburunya. Mereka mencoba menyelidiki seorang pria bernama Hans (Otto Jespersen) yang diduga sebagai pelaku dari kejadian tersebut. Penyelidikan itu akhirnya membuat mereka mengetahui bahwa pria tersebut adalah seorang Troll hunter.



Ulasan
Seperti ciri khas film-film mockumentary lainnya, pada opening kita akan diberi penjelasan terlebih dahulu mengenai film ini.
Kira-kira setengah menit saya menyaksikan film ini, saya berpendapat "Trollhunter" tampak seperti gabungan antara "The Blair Witch Project (TBWP)" dan "Cloverfield".

Hal itu dapat dilihat dari kesamaan karakter yakni 3 pelajar yang lagi membuat film dan setting kebanyakan di hutan, sama seperti "TBWP". Sementara yang mereka rekam bukan hantu tapi monster/makhluk raksasa, persis kaya "Cloverfield".


Troll adalah makhluk raksasa yang tinggal di hutan atau pegunungan Norwegia. Usia mereka dapat mencapai 1000-1200 tahun. Diceritakan Troll dapat mencium darah orang Kristiani. Troll bisa berubah menjadi batu jika terkena cahaya matahari (sinar UV) yang berlebih.

 
Jujur film "Trollhunter" tidak menawarkan sesuatu yang baru dan inovatif. "Found Footage" Mockumentary sekarang sudah terlalu mainstream dan plotnya klise.

Mungkin yang menjadi pembeda di film ini ialah tema yang diangkat. Dengan mengangkat tema makhluk mitos dari Norwegia, "Trollhunter" sangat kental akan kultur dan budaya masyarakat Norwegia.

Sebenarnya bagi saya yang udah nonton film mockumentary kaya The Blair Witch Project, Cloverfield, Rec/Quarantine, maupun Noroi (The Curse). Ending dari film ini udah kebaca bagaimana akhirnya. Namun, saya tetap tertarik untuk mengikuti ceritanya.


Trivia
-Otto Jespersen pemeran Hans si pemburu Troll adalah komedian terkenal di Norwegia
-Rencananya film ini akan diremake dalam versi Amerika oleh Summit Entertainment

Quotes
Hans: "Why the hell did you say that none of you were Christian? The way that Troll sniffed around...Obviously one of you believes in God."
Thomas: "I don't believe in God. I sang in a church teen choir... But that's because my parents forced me to."

Thomas: "In one sense, you are true Norwegian hero."
Hans: "No, you're wrong about that. There's nothing heroic about what I do. It's dirty work."



Best Moment In My Opinion: Pas mereka lagi masuk ke sarang Troll.
Person of Interest: Hans the Troll Hunter
KritikusJinak Rating: 7.2
Conclusion: Saya akan berpikir ulang jika harus pergi ke Norwegia.


words by Rasduneji

No comments:

Post a Comment