25 February 2014

Indie Alert - Ruby Sparks


Pernah engga sih elo bermimpi jadi penulis? Jadi penulis tuh enak loh. Bayangin kalau elo jadi kayak Andrea Hirata atau Dee. Selain tulisannya bagus-bagus, novelnya dijaiin film pula! Kurang asik apa lagi tuh? 

Tapi jadi penulis tuh engga gampang sob! Banyak banget halangan. Yang paling sering adalah dikala elo menghadapi yang namanya writer's block, atau situasi dimana elo bener-bener stuck dan engga bisa mengembangkan inspirasi atau ide cerita elo. 

Nah, di film yang pengen gue bahas ini, Paul Dano sebagai penulis sedang mengalami writer's block. Mau tau caranya dia mengatasi writer's block? Simak terus review gue!


Film Details:
Title : Ruby Sparks (2012)
Director : Jonathan Dayton, Valerie Davis
Writer : Zoe Kazan
Genre : Romance/comedy
Starring : Zoe Kazan, Paul Dano, Antonio Banderas, Chris Messina
IMDB : 7.2/10
rottentomatoes : 79% certified fresh/ 75% Audience Liked It

Premise :
Calvin adalah seorang penulis yang sukses di usia muda, tapi ditengah kesuksesannya ia masih kesulitan mengembangkan cerita di buku barunya karena mengalami writer's block. Ditengah kesulitannya ini, ia terus menerus bermimpi akan sesosok gadis yang selalu terbayang dalam benaknya, hingga akhirnya ia menuangkan tulisan tentang gadis itu, dan terjadilah keajaiban. Ternyata gadis itu menjadi nyata!
Ulasan : 
Film yang disutradarai oleh mantan sutradara Little Miss Sunshine ini sukses membuat emosi gue sebagai penonton teraduk-aduk. Selain itu scoring musik oleh Nick Urata, juga membuat gue turut terbawa masuk dalam cerita.

Plot yang tertata rapi serta chemistry on screen couple antara Paul Dano dan Zoe Kazan mampu membawa penonton seakan terbuai dengan kisah cinta kedua tokoh. (FYI : they're lovers in real life as well)

Cerita yang ditulis Zoe Kazan ini merupakan perpaduan antara fiksi dan kisah cinta yang memikat. Dengan premise yang simpel, film ini menawarkan pada penontonnya lebih dari sekedar kisah drama romatis konvesional.

Selain dibintangi oleh duo pasangan serasi antara Zoe dan Dano, film ini juga dibintangi oleh beberapa nama yang sudah tidak asing lagi seperti Antonio Banderas, Annette Bening, Steve Coogan, dan Chris Messina.

Kalau dibandingkan dengan film genre serupa seperti misalnya (500)Days Of Summer, rasanya film ini mampu unggul dan harus gue katakan : Ruby Sparks is so much better than that. 

Trivia :
- Zoe Kazan dan Paul Dano tinggal bersama dalam dunia nyata.
- keluarga Zoe Kazan ternyata sangat familiar dengan menulis script. Bahkan ibunya adalah penulis film "The Curious Case Of Benjamin Button".
- Diproduksi Fox Searclight Pictures

Selected Quotes :
Ruby Sparks: Were you disappointed when you got to know me?
Calvin Weir-Fields: How can you ask that?
Ruby Sparks: I'm such a mess.
Calvin Weir-Fields: I love your mess.

Calvin Weir-Fields: She's a person.
Harry: You haven't written a person, okay? You've written a girl.

Best momment in my opinion : When Calvin realized that Ruby is actually a person and he finally chased her.
Person Of Interest  : Zoe Dano
Kritikus Jinak Rating : 7.8/10
Conclusion : sometimes fantasy could be even more realistic than we ever thought.

words by Di Ario

No comments:

Post a Comment