18 February 2014

Indie Alert - The Way Way Back


Whazzup! Well, mungkin elo udah bosen baca kata-kata itu tiap kali gue memulai post gue, tapi anyway.. How was your day movie goers? Need some good movies to satisfy your apetite? Gue tidak akan henti-hentinya untuk mengulas film indie dan film kurang terkenal dalam post-post gue, dan tanpa berpanjang lebar, let's get started!

Film Details :
Title : The Way Way Back (2013)
Director : Nat Faxon, Jim Rash
Writer : Nat Faxon, Jim Rash
Genre : Drama/ Comedy
Starring : Steve Carrell, Toni Collete, AnnaSophia Robb, Sam Rockwell, Liam James
IMDB : 7.5/10
rottentomatoes : 85% certified fresh/ 85% Audience Liked It



Premise : 
Seorang anak pemalu yang sangat kuper dan introvert pergi berlibur di musim panas bersama ibunya dan pacar baru ibunya yang sangat menyebalkan. Merasa liburannya sangat menyiksa, ia justru malah bertemu dengan Owen (Sam Rockwell) seorang pemilik "public pool" yang pada akhirnya mengubah liburannya menjadi salah satu liburan terindah yang pernah ia alami.


Ulasan : 
Tema seperti ini sepertinya sangat lazim dan sangat sering diangkat di film, sebagai contoh kita bisa melihat film "Perks Of Being A Wallflower" yang mengusung karakter pemalu seperti ini. 


Dari studio yang juga pernah memproduksi film indie berkualitas macam Juno & Little Miss Sunshine (Fox Searchlight) rasanya tidak heran film ini mampu menjelma menjadi salah satu film indie terbaik pada tahun 2013 lalu. 





Ceritanya simpel. Liam James adalah seorang pemalu yang sangat tidak percaya diri dan membenci hidupnya (sepert para introvert pada umumnya). Ibarat seekor ikan yang berusaha bernafas di darat, karakter yang diperankan Liam James sedang berusaha untuk keluar dari comfort zone-nya dan akhirnya berani mencoba hal-hal baru dalam hidupnya.


Oh iya, bagi kalian yang terbiasa melihat Steve Carell menjadi karakter baik-baik dan lugu, gue harap elo engga akan membawa mindset itu ketika nonton film ini. Karena di film ini Carell menjelma menjadi seorang bapak tiri yang brengsek. (seriously)




Cerita yang mengalun dengan baik dan script yang bagus, ditambah lagi dengan jajaran pemain berkualitas , benar-benar mengangkat film ini dan membuat gue merasakan "Magical and Inspiring Feelin" setelah menontonnya. 



Some Achievements :
- Newport Beach Film Festival 2013 - Winner Audience award
- Young Hollywood Awards 2013 - Winner for Liam James (breaktrhu perfomance)
And some more ...

Trivia :
- Steve Carell tadinya menolak tawaran bermain di film ini karena jadwalnya berbenturan dengan liburannya bersama keluarga, tapi akhirnya setuju untuk main di film ini karena ternyata lokasi shootingnya sangat dekat dengan rumah berliburnya.
- Opening scene dalam film ini terinspirasi dari kejadian nyata Jim Rash terhadap ayah tirinya ketika ia berusia 14 tahun.
- Pada tahun 2007 ketika script film ini ditulis, film ini diberi judul The Way Back. Tapi untuk menghindari penonton agak tidak bingung dengan film serupa yang rilis pada 2010, akhirnya mereka memutuskan mengganti judulnya.

Selected Quotes : 
Owen : Seriously, when's the last time you bought jeans?
Duncan :  My mom buys my jeans.
Owen :  Good. Always take things literally. How's that working out for you? Does that get you laid?

Owen : You disappoint me, kid. You're late. You planning on making a habit of this?
Duncan : What?
Owen : You're fired!
Duncan : But I just...
Owen : [sticks out his hand] You make a valid point. Welcome back. With benefits.
Best momment in my opinion : At some point in the movie, Duncan tried to kiss AnnaSophia Robb and get rejected, but im glad that in the end he still got the kiss he deserves.
Person Of Interest : Steve Carell, Sam Rockwell, and Liam James
Kritikus Jinak Rating : 8.5/10
Conclusion : Magical and Inspiring Feelin

words by Di Ario

No comments:

Post a Comment