26 February 2014

Rated R - Arwah Goyang Karawang

Yo movie goers! Hari ini di rubik Rated-R saya mau ngebahas sebuah film secara santai & tidak serius. Selama ini kita kan selalu membahas film dengan serius, ya untuk saat ini mari kita tidak serius. So, just relax and have a cup of tea.

Film yang mau saya bahas adalah film horror Indonesia yang sangat booming dan menjadi perbincangan masyarakat baik sebelum pemutaran, saat pemutaran, sesudah pemutaran, dan hingga sekarang. Waow... Jarang kan ada film Indonesia yang bisa berprestasi seperti ini. So, kita mulai aja reviewnya.

Film Details
Title : Arwah Goyang Karawang (2011)
Director : Helfi C.H. Kardit
Writers : East Star Team (Team Bintang Timur)
Genre : Horror
Starring : juPE, dePE
IMDB : 1.6/10
Rotten Tomatoes : ??? Certified Expired / ??? Audience Hated It


Premise
Lilis terpaksa kembali menjadi penari disebuah group tari jaipong Goyang Karawang, setelah sekian lama dunia yang dulu pernah membesarkan namanya itu dia tinggalkan demi sebuah perkawinan. 

Aji sebagai suami Lilis, tidak lagi bisa mencegah karena Aji tidak berdaya karena kondisi ekonomi rumah tangganya berantakan sejak dirinya kena PHK dan menganggur. Kembalinya Lilis kedalam grup rupanya membuat perubahan yang luar biasa. disetiap penampilanya diatas panggung, Lilis selalu saja menjadi pusat perhatian pengunjung pub Bintang Kejora yang terbius dengan tarian Lilis.

Sebagai primadona group Goyang Karawang saat ini, Neneng merasa terancam dengan kembalinya Lilis dalam group. Dengan segala cara Neneng berusaha mempertahankan posisinya, apa lagi untuk meraih predikat itu memerlukan perjuangan dan pengorbanan luar biasa bagi Neneng.

Kehebatan Lilis menggoyang panggung dan menguras kocek pengunjung membuat Pak Awal sebagai pemilik pub menempatkan Lilis sebagai bintang utama menggantikan Neneng dan tentu saja, persaingan keduanya semakin seru. (sumber: wikipedia)

Ulasan
Dari premisenya saya sudah mengetahui bahwa ini film sangat "bagus". Bahkan saking "bagus"nya saya memutuskan untuk tidak menonton film ini sama sekali, karena tanpa ditonton pun film ini sudah "bagus".

Dibutuhkan pengorbanan yang paling amat teramat sangat besar sekali untuk menontonnya. Oleh karena itu jika suatu saat nanti saya mendapat kesempatan menonton film "Arwah Goyang Bang Jali" oh.. maksud saya "Arwah Goyang Karawang"  saya pasti akan merasa serangan jantung. Bagi saya merupakan suatu kesialan bisa menonton film se"bagus" ini.

Akting para pemainnya pun patut diacungi jempol... yup, jempol kaki. Dari raut muka, ekspresi, gerakan semua tampak natural. Tak heran jika kedua aktris di film ini mendapatkan penghargaan bergengsi Masuk Ke Bui Awards untuk kategori Best Actress dan Best Supporting Actress. Saya rasa juPE & dePE sudah pantas untuk menjajal akting di luar negeri terutama di Jepang.

Plot di film ini juga membuat kita harus berpikir keras saat menontonnya, sama seperti ketika menonton "Inception". Bahkan ending dari film ini pun hingga saat ini masih saya tidak ketahui. Sungguh cerita luar binasa dari East Star Team (Team Bintang Timur) sebagai penulis skenario.

Saya juga salut dengan judul film horror ini, tidak seperti kebanyakan film horror Indonesia yang membawa embel-embel Pocong, Kuntilanak, maupun Suster sebagai judulnya. Film ini justru memakai judul "Arwah", suatu nilai plus yang bisa saya berikan untuk film ini.

In the end, saya bisa pastikan film ini harus tidak anda saksikan sebelum anda menyesal.

Trivia
-dePE adalah penyanyi dangdut
-juPE adalah pacarnya Gaston Katanyo

Quotes
?????

Best Moment In My Opinion: Ketika juPE & dePE berantem
Person of Interest: You Know lah...
Kritikus Jinak Rating: -9.9/-10
Conclusion: Great Masterpiss Horror Movie!

Words by Rasduneji

No comments:

Post a Comment